Home » , , , , , » Cara Membuat Video Player Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0

Cara Membuat Video Player Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0

Posted by KangUky
BLOG PENDIDIKAN, Updated at: 1:17 PM

Posted by KangUky on 14 Mei 2014

Assaalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,,,

Salam Sejahtera untuk anda dan kita semua

Okey langsung saja kali ini KangUky ingin berbagi ilmu mengenai Cara Membuat Video Player Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk penerapan pembuatan aplikasi ini, terutama jika kita menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Komponen - komponen yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi sederhana ini diantaranya adalah sebuah komputer tentunya bisa menggunakan laptop juga. Kalo ndak punya keduanya bisa ke warnet nyewa sekalian browsing internet disana hehe.. Komponen berikutnya adalah sebuah aplikasi bahasa pemrograman visual basic. Jika anda belum memilikinya anda bisa sewa di rental CD Aplikasi, kalo di rental dekat rumah anda nggak ada ya bisa download atau minta kepada saya juga bisa nanti saya kasih plus saya instalkan sekalian kalo belum paham. Komponen terakhir adalah ketekunan dan kesabaran. Wess kalo yang satu ini pasti semua memilikinya.

Langsungke pokok permasalahan yaitu langkah - langkah Cara Membuat Video Player Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0:
1. Buka aplikasi Visual Basic 6.0 yang sudah anda install
2. Pilih Standard EXE, kemudian Open
Standard EXE

3. Klik menu Project kemudian pilih Component , bisa juga anda mengeluarkan menu Component ini dari short cut CTRL + T , atau bisa juga dengan klik kanan tool box pada bagian yang kosong kemudian pilih Component. Tam`pilan menu Component akan muncul seperti gambar di bawah ini, chek Microsoft Common Dialog Control 6.0 dan Windows Media Player pilih Apply dan Ok.
Component Microsoft Common Dialog Control 6 dan Windows Media Player
4. Buat desain tampilan media playernya seperti gambar di bawah ini atau sesuai dengan selera anda. Masukkan dua komponen yang kita tambahkan tadi serta empat Command Button , satu ListBox, dan sebuah Label jika anda menginginkan sama seperti desainsaya.
Desain Tampilan Video Player sederhana menggunakan Visual Basic 6
 5. Ubah property pada komponen - komponen yang sudah anda masukkan. Command Button 1 pada Caption ganti dengan "Tambah Video/MP3" , Command Button 2 pada Caption ganti dengan "Tentang" , Command Button 3 pada Caption ganti dengan "Keluar" , Command Button 4 pada Caption ganti dengan "Minimize". Abaikan saja untuk komponen Microsoft Common Dialog Control 6.0 karena komponen ini tidak akan muncul ketika aplikasi kita jalankan.
Tampilan Setelah Diganti Property nya
6. Klik 2 kali pada command button Tambah Video/MP3 kemudian masukkan script codenya seperti gambar di bawah ini
Script Code pada Tombol Tambah Video/MP3
7. Klik 2x pada tombol Tentang dan masukkan Script Code seperti pada gambar di bawah ini


8. Klik 2x pada tombol Keluar dan masukkan Script Code seperti pada gambar Nomor 1 ,  Klik 2x pada tombol Minimize dan masukkan Script Code seperti pada gambar Nomor 2 , Klik 2x pada ListBox dan masukkan Script Code seperti pada gambar Nomor 3
Keluar , Minimize , ListBox

9. Setelah semua Script Code anda masukkan pada masing - masing komponen selanjutnya langkah terakhir yaitu dengan menjalankan program yang kita buat dari langkah 1 tadi.
Cara menjalankan Aplikasi dengan menekan tombol Start yang ada di toolbar atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard.
Hasil Akhir untuk memutar Video
Bagaimana dengan tutorial Cara Membuat Video Player Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0 di atas? mudah bukan? tentunya masih banyak sekali kekurangan - kekurangan yang ada, anda bisa mengembangkan sendiri agar hasil kreasi anda maksimal.
Semoga bermanfaat,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,,,

Share This Post :

1 Komentar:

Cariiii...

Popular Posts

 
Copyright © 2021 BLOG PENDIDIKAN. All Rights Reserved