Home » , , , , » Cara Transfer File antara Handphone Android dengan PC Komputer Laptop melalui Wifi/Wireless

Cara Transfer File antara Handphone Android dengan PC Komputer Laptop melalui Wifi/Wireless

Posted by KangUky
BLOG PENDIDIKAN, Updated at: 10:37 PM

Posted by KangUky on 26 Mei 2015

Dalam artikel ini akan KangUky ulas mengenai Cara Transfer File antara Handphone Android dengan PC Komputer Laptop melaui media Wifi / Wireless. Penjelasan lebih detailnya akan KangUky uraikan dengan gambar-gambar yang akan mempermudah pada pembaca pahami, mari kita simak bersama.
Dahulu impian memiliki laptop salah satu alasannya adalah bahwa laptop itu mudah dibawa kemana-mana. Lain halnya dengan PC/Komputer desktop, sangat tidak memungkinkan jika ingin belajar bersama di rumah teman membawa seperangkat komputer sendiri, hahahaa. Ntar malah di kira sombong punya komputer Pentium 3 aja di gendong kemana-mana, wkwkwkk. Itu dulu. Nah, sekarang bawa netbook yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan aja udah males. Huhh.. teknologi emang bikin penggunanya males, gak mau repot.

Ah udah intermezonya. Maka dari itu kita cukup membawa Handphone ANDROID. Smartphone jenis yang satu ini memang sangat multitasking. Bisa mempermudah segala pekerjaan kita brow.

Ada suatu kasus yang sering dialami oleh kebanyakan pengguna Smartphone Android dalam mentransfer atau memindah file dari device smartphone androidnya ke perangkat laptop. Entah untuk keperluan apa pasti pernah mengalami. Entah mau memindah Foto, memindah lagu musik kesenangannya, video, dan lain sebagainya.

Dalam keadaan darudat dan sangat penting yg biasa dipakai untuk menghubungkan perangkat Android dengan laptop adalah dengan menggunakan kabel data. Nah, kalo gak ada kabel data gimana. Okey, ini yang akan kita bahas mengenai Cara Transfer File antara Handphone Android dengan PC Komputer Laptop melaui media Wifi / Wireless. 

1. Nyalakan Tethering & Portable Hotspot
Langkah awal adalah dengan menyalakan Tethering & Portable Hotspot di Smartphone Android kamu. Seperti gambar berikut ini.

2. Sambungkan Laptop Ke Wifi Hotspot
Nyalakan koneksi wifi pada laptop anda, kemudian sambungkan ke nama Wifi pada perangkat smartphone android Tethering Hotspot yang sudah kamu nyalakan tadi. Tunggu sampai terkoneksi sempurna, sampai laptop kau dapat alamat IP dari koneksi wifi hotspot. 


3. Periksa IP Address

Buka aplikasi commandpromt melalui accessories atau melalui run. Pada cmd ketikkan "ipconfig" seperti gambar di atas yang ditunjukkan pada angka 1, kemudian enter. Pada anak panah dengan angka 2 itu menunjukkan IP Address yang didapat dari wifi hotspot kamu. Catat dan ingat itu baik-baik.

4. Buat Foder Sharing pada Laptop
Buat folder pada drive D: atau terserah kamu kemudian di sharing ke everyone.
Jika masih ada sahabat yang belum memahami cara sharing folder berikut cara sharing folder. Tapi jika sudah paham langsung lewati aja langkah yang ini.

KangUky buat folder dengan nama "FILE SHARING VIA WIFI". Klik kanan pada folder kemudian pilih Sharing. Selanjutnya pilih "Share.." seperti gambar di atas yang ditujukkan dengan angka 1. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti di sampingnya, pilih "Everyone" seperti yang ditunjukkan angka 2 kemudian "Add".
Langkah ini dimaksudkan agar semua perangkat yang tersambung dengan komputer ini mendeteksi adanya folder ini. Masih di dialog box File Sharing, setelah di piliih everyone kemudian pada "Permission Level" klik anak panah seperti yang di tunjukkan angka 4 gambar di bawah, pilih "Read/Write" (5) kemudian klik "Share.."(6).
 

Sampai di sini untuk pengaturan pada laptopnya sudah cukup. Sekarang kita beralih menuju langkah selanjutnya ke perangkat smartphone Android.

5. Buka Aplikasi ES File Explorer
Jalankan aplikasi ES File Explorer. Jika belum terinstall pada perangkat android kamu bisa download dan install melalui playstore. 

6. Tambah Perangkat
Tap ke bawah cari Network, pilih LAN. Tanda + (New) untuk menambah perangkat.


Masukkan IP Address yang sudah kita dapatkan tadi pada kolom server. Username di isi nama komputer kamu. Kolom Password isi password komputer kamu. Untuk kolom Domain dan Display tidak usah di isi tidak apa-apa karena itu pilihan yang boleh dikosongkan. Jika sudah tekan OK. Apabila berhasil maka akan tampil satu perangkat yang sudah terkoneksi dengan perangkat android kamu seperti pada gambar di bawah ini. 
 Tekan pada perangkat yang sudah terdeteksi itu dan akan muncul folder "FILE SHARING VIA WIFI" yang kamu buat di laptop tadi. kayak gambar di bawah ini ya.


7. SELESAI..
sampai di sini sudah selesai langkah-langkah Cara Transfer File antara Handphone Android dengan PC Komputer Laptop melaui media Wifi / Wireless. 
Buka folder dan cari file-file apasaja yang ingin kamu cut atau copy dari ataupun ke perangkat android juga laptop kamu. Nih KangUky juga mencoba dengan file bisar bisa berjaan tanpa ada masalah. Oiya ini tidak membutuhkan koneksi internet ya sahabat. Jadi gak usah takut kuota kamu terpotong untuk aktifitas ini. Jika masih ragu sisa kuota kamu terpotong ya di matikan saja koneksi Data nya.

Gimana sahabat? sangat mudah bukan? semoga Cara Transfer File antara Handphone Android dengan PC Komputer Laptop melaui media Wifi / Wireless ini bermanfaat untuk para pembaca dan jangan lupa untuk di sampaikan kepada sahabat-sahabat lain yang belum mengetahuinya. Terimakasih mau meluangkan waktu untuk berkunjung.
Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.




Share This Post :

0 Komentar:

Posting Komentar

Cariiii...

Popular Posts

 
Copyright © 2021 BLOG PENDIDIKAN. All Rights Reserved