Home » , , » Pemkab Sragen Buka Pendaftaran Beasiswa Sintawati

Pemkab Sragen Buka Pendaftaran Beasiswa Sintawati

Posted by KangUky
BLOG PENDIDIKAN, Updated at: 9:04 AM

Posted by KangUky on 15 Feb 2013

Setelah tahun lalu Pemkab Sragen berhasil menggulirkan beasiswa bagi 30 orang mahasiswa berprestasi warga kurang mampu di Sragen. Pada awal tahun 2013 ini  Pemerintah Kabupaten Sragen kembali membuka pendaftaran penerima beasiswa Program Sintawati (Siswa Pintar Sukowati) bagi mahasiswa asli warga Sragen yang menempuh kuliah di perguruan tinggi negeri di pulau Jawa.

Mahasiswa putra / putri  warga kurang mampu di Kabupaten Sragen yang berminat dapat mendaftar melalui Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan kemiskinan (UPT-PK) Kabupaten Sragen yang bertempat  di komplek Kantor Setda Kabupaten Sragen. Meski berkas pendaftaran yang dapat diterima paling lambat tanggal 31 Agustus 2013 mendatang, namun bagi yang berminat diharapkan agar sedini mungkin melakukan pendaftaran, mengingat kuota yang disediakan terbatas.

Untuk memberikan beasiswa tersebut, pada tahun anggaran 2013 ini Pemkab Sragen Sragen telah mengalokasikan dana dari APBD tahun 2013 sebesar Rp. 447.200.000. Namun sebagian dana tesebut yakni Rp. 210.000.000 akan digunakan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang telah terdaftar sebagai penerima beasiswa pada tahun lalu yakni sebanyak 30 orang. Sisa dana sebesar Rp. 237.200.000 akan diberikan kepada mahasiswa penerima beasiswa pada tahun 2013 ini. Sehingga kuota penerima beasiswa pada tahun 2013 ini berkisar antara 34 orang hingga 68 orang. Kuota 34 orang bila diasumsikan pendaftar program beasiswa telah memasuki semester ke dua. Dan Kuota 68 orang bila diasumsikan pendaftaran beasiswa merupakan mahasiswa baru.
Namun pendaftar program biasiswa Sintawati ini hanya dikhususkan bagi mahasiswa anak kurang mampu warga Kabupaten Sragen yang kuliah di perguruan tinggi negeri di pulau Jawa. UPTPK nantinya akan melakukan seleksi untuk memastikan penerima beasiswa adalah tepat sasaran. Untuk membuktikan bahwa pendaftar adalah anak warga kurang mampu dengan dibuktikan Surat Keterangan Tidak Mampu dari lurah atau kepala desa tempat tinggalnya.

Setiap mahasiswa penerima beasiswa yang lolos seleksi administrasi nantinya akan diberikan bantuan pembayaran SPP sebesar Rp. 2 juta per semesternya. Sementara untuk biaya hidup, setiap penerima beasiswa akan mendapatkan uang sebesar Rp. 300 ribu tiap bulannya. Semua biaya SPP dan biaya hidup tersebut akan diberikan hingga semester 8 (delapan).

Ditegaskan oleh Bupati Sragen Agus Fatchurrahman, saat ini bukan jamannya lagi anak pandai dari warga kurang mampu Kabupaten Sragen tidak dapat bersekolah hingga perguruan tinggi. Melalui Program Sintawati ini, Bupati Sragen menginginkan anak warga kurang mampu dapat menempuh pendidikan yang tinggi, sehingga setelah lulus memiliki modal ikut bertarung dan mengadu nasib ke kota-kota besar,  untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. “Setelah lulus bisa kembali dan membangun Sragen, akan tetapi jangan menuntut diangkat menjadi PNS, atau merantau lah jauh ke kota kota besar. Saya yakin suatu saat akan muncul pejabat tinggi di pemerintahan pusat, kalau perlu Presiden RI kelak berasal dari Sragen ,” kata Bupati Sragen.

sumber: jatengprov .go.id

Share This Post :

0 Komentar:

Posting Komentar

Cariiii...

Popular Posts

 
Copyright © 2021 BLOG PENDIDIKAN. All Rights Reserved